Sunday, February 11, 2007

Cerita: Sabtu

Ahh... weekend hari pertama yang cerah, Sabtu 10 February 2007. Memasuki minggu ke-enam dalam hitungan mundur perjalanan kembali ke Indonesia.

Sesuai rencana yang telah disusun tadi malam, aku dan rekan-rekan melakukan survey dan 'studi banding' terhadap harga laptop di beberapa toko yang mencantumkan namanya di iklan koran kemarin. Setelah semuanya siap kami berangkat menuju ke node yang paling ujung yaitu FC Road. Toko yang menjadi 'korban' survey pertama kami adalah IT Power.

Hm, nice welcome. Service yang diberikan lumayan bagus untuk skala India, karena kebiasaan orang-orang sini sering mengabaikan customer yang datang ke tokonya. Penawaran mereka yang pertama adalah Compaq, mereka memberikan harga dan spesifikasi yang membuatku cukup tertarik tetapi untuk brand Compaq, aku kurang yakin terhadap durabilitasnya. Brosur-brosur yang diberikanpun lumayan terjangkau untuk ukuran kantongku. Mereka juga menawarkan brosur Lenovo sebagai alternatif tetapi produk pilihanku dengan spesifikasi yang lumayan ternyata sudah discontinued, apa boleh buat. Setelah beberapa menit diskusi, kita putuskan untuk check out. Menuju ke 'korban' selanjutnya. He.

Susah juga mencari toko yang satu ini, Cybernet IT. Sudah susah-susah, eh service yang diberikan juga ga begitu berkesan. Harga yang diberikannyapun tidak dapat memberikanku interest, gila! mahal-mahal banget. Cuman sebentar si, ga ada 5 menit, kita memutuskan untuk segera out dari sana.

Jalan-jalan sebentar ke tempat yang mirip dengan mall, meski kenyataannya jauh sekali dengan apa yang bisa kita lihat di Surabaya. Lihat beberapa titik sudut yang ramai pengunjung dan menarik perhatian, halah... ternyata game center yang kebanyakan permainannya AOE dan CS. "Tantang mereka ta?" Haha.. keangkuhan yang muncul karena setiap hari kita mesti melakukan hal yang sama dengan mereka.

Ok, time to go to the next node. Next node is Sharda Centre, node dadakan yang muncul setelah temenku titip untuk dibelikan kartu perdana Hutch. Ketemu dengan Manoj, temen yang paling membantu dalam urusan jual beli kartu dan voucher hape. Urusan dengan Manoj selesai, kita segera cek out menuju node ketiga. House of Laptops, Kavre Road.

Dapat oto (autorickshaw) yang nganterin kita ke House of Laptops dengan lumayan baik, coz kita ma pak supir sama-sama ga ngerti dimana tepatnya posisi toko yang kita maksud. Lihat kanan-kiri, akhirnya ketemu juga itu toko. Nah, poin yang bener-bener berkesan adalah disini. Ketika kita menuju ke House of Laptops, ternyata satu sebelah dari toko tersebut terdapat juga toko laptop, namanya Smart Choice. Ok, akhirnya kita sepakat mampir dulu kesana. Meski terlihat baru, tetapi service yang diberikannya lumayan friendly. Wah, enak ni diajak ngobrol. Setelah beberapa promosi akhirnya dia menawari kita dua pilihan dengan harga yang sama. Lenovo dan HP (Hewlett Packard), yang jelas meski dengan harga yang sama, spesifikasi mereka berbeda, karena Lenovo memberikan fitur yang lebih yaitu Dolby Surround dan Face Recognition.

Menuju ke tahap tawar menawar. Memang dasar, marketing itu pintar. Kita diberi harga yang menurut kita mampu dan itu adalah best price menurut dia. Kita sebenarnya boleh untuk menanyakan produk yang sama dengan toko lain, tetapi yang menjengkelkan adalah jika kita keluar dari toko itu dan kemudian kembali lagi ke dia, maka harga awal yang dia berikan tidak akan berlaku lagi terhadap kita. Alasannya, harga yang diberikan adalah harga terbaik untuk kita saat penawaran ini berlangsung. Wah, wah... dasar orang marketing.

Akhirnya...

No comments: